Websitemu Aesthetic, Tapi Gak Muncul di Mesin Pencarian Google? Coba baca ini!

2023-11-22

Meskipun Google mampu melakukan crawling hingga miliaran halaman website, masih ada beberapa kendala yang tidak dapat dihindari selama proses Google Search berlangsung. Untukmu yang kebingungan kenapa websitemu tidak muncul dalam hasil pencarian Google, mungkin salah satu dari beberapa alasan berikut ini dapat menjadi penyebabnya.

  1. Kurangnya Tautan dari Situs Lain. Situs mu mungkin belum mendapatkan dukungan dalam bentuk tautan dari situs-situs lain di internet. Namun, perlu diingat jangan terlalu agresif dalam mencari tautan, karena Google bisa saja menganggapnya sebagai pelanggaran kebijakan spam Google.
  2. Waktu yang Diperlukan Google untuk Crawling. Bayangkan saja, Google melakukan crawling pada jumlah halaman yang sangat besar. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu bagi Google untuk melakukan perjalanan crawling hingga pada akhirnya notice websitemu yang baru diluncurkan atau mengalami perubahan signifikan.
  3. Design dan Isi Konten Website yang tidak efisien. Pastikan desain situs web mu tidak hanya estetis tetapi juga efisien dari segi SEO. Google lebih suka situs yang menyediakan teks yang relevan, bukan hanya video atau gambar. Pastikan kontennya mudah dicrawl oleh mesin pencari.
  4. Error Saat Google Crawling. Terkadang, Google dapat mengalami kesulitan saat melakukan crawling pada situs mu. Alasan paling umum untuk hal ini adalah adanya halaman login di websitemu, atau situs mu memblokir Google karena alasan tertentu. Pastikan situs web dapat diakses dengan baik, bahkan ketika menggunakan mode penyamaran (incognito mode).

Semoga poin-poin di atas bisa mengatasi kebingunganmu, ya!